Analisis SWOT
Dari
usaha toko kue kering yg saya lakukan, memiliki beberapa kekuatan, yaitu:
·
Mempunyai
banyak aneka rasa yang enak dan memiliki berbagai bentuk kreasi yang sangat
unik, supaya anak-anak juga suka untuk mengonsumsinya.
·
Kualitasnya
yang sangat terjangkau, karena kami membuat kue kering ini dengan cara higenis
agar tetap bersih .
·
Kami
juga menjual kue kering ini untuk semua kalangan masyarakat.
·
Harga
yang kami berikan juga sangat terjangkau dan bersahabat dengan masyarakat.
2) Wreakness
(kelemahan)
Kelemahan-kelemahan
dari usaha kue kering kami, diantaranya:
·
Kue
kering yg kami buat tidak tahan lama, kurang lebih 2 bulan saja sudah sedikit
rusak atau menjamur, karena kami tidak memakai bahan pengawet apapun.
·
Kering
kami juga mudah ditiru dan banyak dijumpai berbagai pasar manapun, karena
banyak juga yang membuat usaha kue kering.
·
Kami
belum mempunyai bentuk kreasi/rasa terbaru, karena karyawan kami belum
profesional atau masih tahap pembelajaran.
·
Kue ini jika sudah
terkena sinar matahari yang sangat lama warnanya akan memudar, maka dari itu
kue kering yg kami buat tidak tahan terhadap sinar matahari.
·
Jika
harga bahan-bahan naik, otomatis juga harga kue kering ini juga ikut naik.
3) Oppurtunity(peluang)
Usaha
kue kering ini juga mempunya peluang, diantaranya:
·
Menerima
pesanan kue kering untuk acara-acara tertentu misal arisan, acara keluarga,dll
·
Saat
hari raya idul fitri pasti banyak yg membutuhkan parsel untuk diberikan
kepada saudaranya maupun temannya dengan
niat bersilahturahmi, maka dari itu kami menyediakan kue kering dengan berbagai
macam rasa dalam bentuk parsel.
·
Kebiasaan
orang-orang untuk mengonsumsi kue kering maka kita tidak membuat pada hari raya
idul fitri saja, tetapi juga membuat pada hari-hari biasa.
4) Threat(ancaman)
Setiap
usaha memiliki berbagai ancaman, inilah ancaman saya:
·
Banyaknya
yang menjual produk kue kering dengat harga yang sangat murah, supaya barangnya
cepat laku.
·
Munculnya
kue kering yang berada dipasaran dengan menggunakan bahan pengawet , agar
ketahanan pada kue kering lebih tahan lama lagi.
·
Adanya
pedagang-pedagang yang menjual kue kering dengan cara berkeliling.
·
Kejenuhan
konsumen terhadap produk kami karena kurang bervariasi lagi, maka dari itu
produk kue kering kami butuh variasi yg lebih baik lagi agar konsumen tertarik
dengan produk kami.
0 komentar:
Posting Komentar